Welcome to Our Website
(0)

Cara Merawat Tas Beludru Terbaik

merawat tas beludru, trik merawa tas midili atau beludru, cara cepat membersihkan noda tas beludru

Cara Membersihkan dan merawat tas beludru terbaik adalah dengan cara menyikatnya dengan sikat gigi berbulu halus dengan satu alur. Bahan beludru atau juga bisa disebut dengan kain velvet, merupakan bahan yang sering kali kita temukan untuk membuat aneka jenis barang seperti tas, sepatu maupun jaket. Bahan jenis ini memang banyak digemari, terutama oleh kalangan wanita. Selain karena bahannya yang halus layaknya bulu kucing, bahan beludru juga dikenal sebagai barang mewah sejak 14 abad silam.

Banyak orang mengira bahwa tas beludru sama dengan tas suede atau midili. padahal sejatinya kedua bahan ini tidaklah sama. Jika ada yang bertanya bahan suede seperti apa dan bahan beludru seperti apa,  maka bahan suede adalah kulit yang dibalik dan sudah mengalami proses penyamakan, sedangkan beludru adalah kain yang diproses dari serat sutra dan rayon/katun.

Kain beludru maupun sejenisnya seperti suede ataupun midili, merupakan bahan yang rentan terhadap noda dan kotoran. Sehingga akan sangat bijak jika tas berbahan beludru ini tidak dipakai secara sembangan. Pilihlah situasi dan kondisi yang tepat atau pas. Pakailah di acara-acara formal agar tas beludru kesayangan anda tidak mudah terkena noda.

Meski begitu, perawatan tas dari kain beludru sebenarnya tidak terlalu sulit, asal langsung dibersihkan dan dirawat setelah pemakaian. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat tips-tips cara membersihkan dan merawat tas beludru dibawah ini.

  1. Karena beludru merupakan bahan yang terbuat dari kain, maka bahan ini cepat dalam menyerap air. Usaha pertama adalah segera melapnya dengan kain kering bersih atau tisu agar bisa mengurangi volume air yang ada pada tas beludru kesayangan anda dan segera diangin-anginkan agar cepat kering dan tidak merusak beludrunya dan membuat kain menyusut. Bisa menggunakan hair dryer untuk lebih cepat.
  2. Untuk tas beludru yang terkena noda, anda bisa membersihkannya dengan sikat gigi halus sampai bersih. Anda juga bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan debu yang menempel. untuk noda yang masih menempel atau membandel, anda bisa membersihkannya dengan menyeka menggunakan air hangat pada bagian yang terkena noda. Bisa menggunakan air shampoo untuk noda yang sulit dihilangkan.
  3. Jika anda ingin membersihkan dengan cairan pembersih berbahan kimia, ada baiknya ada mencobanya dulu dibagian yang sekiranya tidak terlihat dan tidak merusak penampilan tas. Hal ini untuk mengetes warna kain apakah memudar atau tidak setelh dibersihkan dengan cairan pembersih tersebut.
  4. Bersihkan noda segera setelah noda itu menempel, jangan ditunda agar noda tidak mengerak sehingga susah untuk dibersihkan.
  5. Pastikan setelah pemakaian, anda mengecek tas terlebih dahulu sebelum disimpan. Bersihkan isi dalam tas, anda bisa membalik dan menggoyang-goyangkannya untuk pembersihan secara sempurna.
  6. Setelah dibersihkan dan dirawat, masukkan tas kedalam dust bag agar tas tidak terkena debu dan kotoran. Anda juga bisa menambahkan silica gel didalamnya agar tas selalu terjaga kelembabannya sehingga tidak menimbulkan jamur serta hewan-hewan kecil yang bisa merusak tas.
  7. Jangan menyimpannya dengan keadaan menumpuk dengan tas-tas yang lain. Hal ini berguna agar bentuk tas tidak berubah. Berilah sekat-sekat yang pas, sehingga tas tersimpan secara rapi dan tersendiri.
  8. Untuk penyimpanan dalam rak lemari, sering-seringlah membongkarnya minimal 2 minggu atau sebulan sekali untuk menghindari hewan – hewan kecil pemakan kayu seperti rayap atau tungau.

Tas beludru memang mempunyai ketertarikan sendiri. Selain terlihat elegan, tas beludru juga bisa menambah kepercayaan diri pemilik ketika sedang memakainya. Dengan pembersihan serta perawatan yang benar, tas anda akan lebih awet dan tak nampak kusam dalam waktu lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *